Himudo – Setuju kan dengan pernyataan bahwa berenang adalah olahraga yang murah dan menyenangkan? Berenang juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Renang merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dapat melatih otot tubuh dan kekuatan jantung. Selain itu, berenang secara rutin juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat berenang untuk kesehatan yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu jadikan olahraga rutin. Check it out!

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat berenang yang paling populer adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Dengan demikian, tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Membangun massa otot

Berbagai gerakan dalam olahraga renang menuntut hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal inilah yang menyebabkan berenang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori. Oleh karena itu, berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

4. Mengurangi stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat Anda lebih rileks.

5. Menurunkan risiko diabetes

Risiko diabetes dapat berkurang karena berenang mampu membakar kalori, lemak, dan gula. Berenang tiga kali seminggu dengan masing-masing berdurasi 30 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 900 kalori. Ini sangat memungkinkan kamu terbebas dari diabetes.

6. Meningkatkan tinggi badan

Membiasakan berenang saat masa pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan. Berenang sangat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

7. Menjadikan awet muda

Berenang dapat membuat tetap bugar di usia senja dan usia bisa lebih panjang. Menurut riset dari Indiana Unversity, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda. Dan jika kamu rutin berenang, di usia senja nanti kamu akan terlihat 20 tahun lebih muda.

Itulah manfaat berenang untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Nah, sudah jelas kan sekarang? Bagaimana? Apakah kamu mau menjadikan berenang menjadi olahraga rutinmu? Eh, tunggu dulu, olahraga ini harus didampingi dengan pola hidup sehat dan pola makan dan minum yang sehat juga ya. Terutama perbanyak minum air mineral Himudo agar tubuh tidak kekurangan cairan setelah olahraga, agar manfaatnya maksimal. Semangat hidup sehat!

Baca juga : 6 Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh Agar Tetap Sehat

ahmadaryanto

Author ahmadaryanto

More posts by ahmadaryanto

Leave a Reply